Tidak Respon Adalah Respon

Sering gak sih Lo punya teman yang tiba-tiba jadi silent reader di grup chat ? atau jangan-jangan dia adalah Elo? Eiitss sebenarnya itu gakpapa kok. Dalam studi ilmu komunikasi, silent adalah bentuk sebuah respon.

Sebelum bicara lebih jauh, ayo kita kenali apa yang dimaksud dengan silent reader. 
Silent Reader (SR) adalah orang yang pasif bersosial di dunia maya-biasanya di grup chat. Dia itu eksistensinya ada-ada, gak ada gitu. Hehehe.
Biasanya kebanyakan dari kita langsung merasa marah nih kepada orang yang tidak merespon pesan di grup chat. Ya, kan? Hm.. 
Padahal menjadi Silent reader adalah pilihan, lho. Tanpa disadari, sebenarnya silent itu sendiri adalah sebuah respon. Coba deh kita telaah lebih dalam lagi, Silent bisa diartikan lain, misalnya adalah sebuah respon ketika seseorang sudah tidak tertarik lagi dengan obrolannya, bisa jadi juga dia tidak menyetujui pendapat sehingga membiarkan oranglain yang membalas, atau silent bisa diartikan sebagai respon ketika seseorang sedang marah atau mengalah.

Memang sih agak kurang wajar untuk menjadi silent reader di grup chat. Namun demikian, ada beberapa hal yang harus kita pahami dan tidak langsung naik pitam ketika ada seorang SR di grup chat. 
Coba deh untuk bersikap santai, karena memang ada banyak kemungkinannya selain kesibukan dan koneksi internet. Misalnya aja seorang SR adalah orang baru yang belum tahu menahu tentang grup dan partisipannya, bisa jadi dia belum paham mengenai topik yang dibahas, mungkin dia ketinggalan obrolan, atau mungkin dia memang sedang sibuk. Jadi harap bersabar ya menghadapi seorang Silent Reader :D
Powered by Blogger.

Pages