Bisa Belajar Online, Masih Pentingkah Kuliah di Luar Negeri ?

Pandemi COVID-19 bagaikan kunci serbaguna yang mampu membuka banyak pintu dengan mudah. Selama di rumah, kita pun mulai merasa sedikit canggung dengan keadaan. Kita mencoba hal-hal baru yang bahkan belum pernah kita lakukan sebelumnya. Kebiasaan baru seperti meeting online dan mengikuti seminar secara online lama kelamaan menjadi hal yang lumrah. Kita mulai terbiasa untuk tidak bertemu tatap muka.

Kemajuan Teknologi, Komunikasi dan Informatika memberikan kita beribu kemudahan. Kini semua hal bisa diakses dengan mudah dari rumah. Kita bisa bekerja dari rumah, mengadakan meeting dari rumah, hingga belajar pun dari rumah hanya dengan bermodalkan sebuah gadget dan koneksi internet. Masyarakat kini sudah semakin terbiasa untuk menerima hal tersebut. 

Keadaan sekarang juga telah memaksa kita  untuk bisa mempelajari banyak hal di internet. Kita bisa memilih untuk menguasai bidang ilmu yang akan kita pelajari sesuka hati. Sekarang, kita memiliki hak penuh dan bisa memanfaatkan banyak fasilitas yang ditawarkan di Internet. Lalu timbul sebuah pertanyaan:

Masih pentingkah Kuliah di Luar Negeri?

Jawabannya adalah: masih sangat penting.

Semua dari kita tentu paham bahwa tidak mudah untuk bisa kuliah di luar negeri apalagi dengan mendapatkan beasiswa. Ketika kamu sudah memutuskan untuk menuntut ilmu di luar negeri sebenarnya kamu sudah memiliki satu peningkatan dari teman kamu yang lain yaitu keberanian. Berani untuk bermimpi dan menentukan jalan hidup. Dalam proses untuk bisa berkuliah di luar negeri kamu pasti akan mempelajari banyak hal. Proses ini lah yang sebenarnya sangat berguna dan dapat mengubah mindset mu untuk mencapai mimpi. 

Ketika kamu sudah bisa menjadi mahasiswa di luar negeri kamu akan mendapatkan sejuta pengalaman yang berbeda dari temanmu yang lain. Berbanggalah kamu akan menjadi manusia mandiri. Tentu saja menjadi mandiri tidak bisa didapatkan oleh orang yang hanya belajar melalui akses internet. Kamu mengalaminya langsung. Menjadi mandiri dan dapat diandalkan dikemudian hari.

Sifat manjamu hilang dan kamu pun memiliki sikap fleksibel. Kuliah di Luar negeri memungkinkan kamu untuk berkenalan dengan kawan baru. Hal tersebut yang lama kelamaan menjadikan kamu manusia yang super fleksibel. Kamu akan mudah beradaptasi. Karakter inilah yang dibutuhkan di dunia kerja kelak, yaitu kemampuan beradaptasi di lingkungan kerja yang baru dengan client baru.

Selain kamu memiliki sifat fleksibel, kamu pun akan mengalami langsung komunikasi lintas budaya. Ketika temanmu yang lain sedang mempelajari tentang komunikasi lintas budaya, kamu justru sedang mempraktikannya di dunia nyata. Hebat! Kamu akan memiliki relasi internasinal dan terbiasa dengan keberagaman.

Meskipun kita bisa mempelajari banyak hal di Internet tetapi ada saja hal yang membedakan kamu kalau kuliah di luar negeri. Setelah mengetahui hal ini pertanyaan selanjutnya adalah apakah kamu berani?
Powered by Blogger.

Pages